Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

April 10, 2022

 


Saat ini umat islam diseluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sebagai umat islam kita harus memperhatikan beberapa hal saat berpuasa seperti makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka. Hal ini sangat penting demi menjaga kesehatan dan agar kita mampu bertahan selama berpuasa.

Saat sahur kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang membuat tubuh tetap berenergi dan mampu bertahan selama 13 jam serta menghindari makanan yang berpotensi membuat kita mudah dehidrasi. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur.

1. Makanan tinggi garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi perlu dihindari karena ini dapat memicu rasa haus berlebih saat berpuasa.

Makanan tinggi garam juga tidak baik untuk kesehatan seperti bisa menyebabkan hipertensi dan dapat membahayakan ginjal.

2. Makanan pedas

Saat sahur usahakan agar tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas karena selain bisa memicu asam lambung makanan pedas juga tidak baik untuk pencernaan seperti menyebabkan perut mulas dan diare.

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti roti, donat dan mie instan yang terbuat dari tepung adalah makanan tinggi kalori namun rendah nutrisi.

Karbohidrat olahan biasanya hanya akan bertahan selama 3-4 jam  setelah itu kita akan merasa lapar kembali. Makanan jenis ini juga mengandung gula yang tinggi yang bisa memicu kadar gula darah melonjak. 

4. Makanan berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan juga perlu dihindari. Selain bisa meningkatkan asam lambung makanan dengan berminyak bisa membuat pencernaan terganggu.

Efek jangka panjang dari makanan berminyak ini juga tidak bisa disepelekan karena dapat menyebabkan obesitas dan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Itu dia makanan yang perlu dihindari saat sahur. Sebaiknya konsumsi makanan sehat dengan nutrisi tinggi seperti makanan yang mengandung protein, serat dan kaya vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan kuat sepanjang hari selama berpuasa.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe