Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

April 29, 2022

Puasa tinggal beberapa hari lagi. Salah satu hal yang identik dengan bulan puasa adalah buah kurma. Buah kurma juga biasa disebut sebagai buah nabi karena salah satu sunnah nabi saat berpuasa yaitu mengkonsumsi buah kurma saat berbuka.

Anjuran nabi mengkonsumsi buah kurma karena salah satu manfaat buah kurma dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, tentunya buah kurma juga bisa dikonsumsi sehari-hari selain bulan puasa karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan. Dibawah ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kurma.

1. Kaya nutrisi

Buah kurma mengandung onutrisi yang tinggi. Dikutip dari healthline buah kurma kering mengandung kalori yang lebih tinggi. Kalori paling banyak dari buah kurma yaitu kabohidrat.

Buah kurma juga mengandung vitamin dan mineral seperti  vitamin B6, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan zat besi.

2. Mengandung antioksidan

Buah kurma mengandung antioksidan yang berperan melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel hingga penyakit kronis seperti kanker.

Antioksidan yang terkandung dalam buah kurma diantaranya flovanoid, karotenoid dan asam fenolat. Antioksidan tersebut dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, alzheimer, kanker dan penyakit jantung.

3. Tinggi serat

Kurma mengandung serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan seratnya dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Buah kurma juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan kandungan seratnya dapat mengontrol kenaikan gula darah setelah mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa memicu melonjaknya gula darah dengan cepat.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah kurma mengandung kalsium, mangan, tembaga dan magnesium  yang dibutukan untuk menjaga kesehatan tulang. Semua kandungan nutrisi tersebut telah dipelajari untuk potensinya mencegah penyakit osteoporosis.

Kandungan yang terdapat pada buah kurma sangat baik untuk kesehatan sehingga disarankan agar rutin mengonsumsi buah kurma. Jadi mulai sekarang tidak perlu menunggu bulan puasa untuk mengonsumsi kurma karena kita bisa memasukkannya ke menu makanan sehari-hari.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe