4 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Menyendiri

Juli 08, 2020



Kebanyakan orang berpikir bahwa menghabiskan waktu sendiri  adalah hal yang aneh bahkan meyedihkan karena seringkali dikaitkan dengan kesepian, padahal orang yang sedang menyendiri belum tentu kesepian dan kita bisa saja merasa kesepian padahal kita sedang berada di tengah keramaian.
I used to think the worst thing in life was to end up all alone. It’s not. The worst thing in life is to end up with people that make you feel all alone.”
– Robin Williams

Tidak bisa dipungkiri kadang kita memang takut dengan kesendirian bahkan hanya memikirkan berakhir dengan kesendirian saja sudah cukup membuat kita ketakutan. Namun terlepas dari pandangan sebagian orang bahwa menyendiri dianggap hal yang negatif, menghabiskan waktu sendiri memiliki banyak manfaat. Ini dia 4 manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menyendiri.

1. Kamu Akan Merasa Lebih Damai.
Ketika kita selalu dikelilingi oleh orang lain membuat energi kita terkuras karena kadan kita harus memahami orang lain, meredam ego atau bahkan mencegah terjadinya konflik yang bisa terjadi karena perbedaan  prinsip dan pendapat dengan orang lain dan konflik semacam ini lebih sering terjadi dengan orang-orang yang dekat dengan kita. Saat sendirilah kamu bisa istirahat sejenak , mengisi kembali energi yang sempat hilang. sejenak menjaga jarak dari orang disekitar akan membuat kita merasa lebih damai.

2. Membuat Kamu Lebih Peka Pada Perasaanmu Sendiri
Menyediri dan sejenak menjaga jarak dari orang lain bisa memberi kesempatan pada diri sendiri agar lebih peka pada perasaan, kata hati atau intuisimu sendiri, karena jika kita selalu bersama orang lain seringkali perasaan kita juga dipengaruhi oleh orang lain.

3. Kamu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
Saat kamu menyendiri kamu akan menyadari banyak hal dari dirimu sendiri, seperti apa saja kekurangan dan kelebihan, apa yang menjadi tujuan hidupmu atau potensi apa yang kamu miliki sehingga kamu bisa mengembangkannya. Jika kamu sudah mengenal dirimu dengan baik kamu juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.


4.Meningkatkan Kreativitas
Manfaat lainnya ketika kita sendiri kita menjadi lebih kreatif karena saat sendiri kita bebas mengeksplorasi banyak hal. Misalnya kamu bisa mendalami hobi, mencoba hal-hal baru yang menarik perhatianmu selama ini namun belum sempat kamu lakukan ketika bersama orang lain. Apalagi dimasa pandemi sekarang ini kita lebih sering berada di rumah. Saat seperti inilah kesempatan terbaik untuk meningkatkan kreativitas.

“Be alone-That is the secret of invention: be-alone, that is when ideas are born.” - Nikola Tesla

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe