7 Cara Sederhana Mengontrol Emosi

September 04, 2023


Apa hal yang sering kamu lakukan ketika merasakan emosi tertentu seperti marah? Beberapa orang akan melakukan tindakan kasar untuk melampiaskan emosinya ketika mereka sedang marah. Cara kita bereaksi saat merasakan emosi tertentu menunjukkan seberapa baik kemampuan kita mengelola dan mengendalikan emosi.

Dapat mengelola atau mengontrol emosi dengan baik sangat penting dilakukan agar mencegah kita melakukan tindakan negatif yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Ini dia 7 cara sederhana yang patut kamu coba agar bisa mengontrol emosi.


1. Berhitung

Saat kita dihadapkan dengan situasi yang memicu emosi, biasanya kita akan langsung bereaksi. Kalau kamu ingin emosimu tetap terkontrol usahakan untuk menunggu terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Trik sederhana yang bisa kamu coba adalah menutup mata lalu mulai berhitung. Saat berhitung emosi yang kamu rasakan akan meredah secara perlahan dan kamu bisa kembali melihat situasi dengan lebih jelas. Cara ini akan mencegahmu melakukan tindakan negatif yang akan membuatmu menyesal.


2. Temukan Penyebabnya

Saat kamu merasakan emosi yang kuat coba cari tahu apa penyebabnya, misalnya ketika kamu marah karena perkataan orang lain, tanyakan pada dirimu sendiri apa alasan yang membuat komentar orang lain memicu kemarahanmu. Dengan mencari tahu penyebab masalah kamu akan lebih mudah memahami perasaanmu dan mengendalikan emosimu.


3. Mengelola Stres

Perasaan stres memiliki dampak yang besar terhadap kondisi emosional. Saat stres emosi kita akan mudah terpicu hanya karena hal sepele dan biasanya akan menimbulkan reaksi negatif seperti marah bahkan sampai melakukan tindakan kasar. Usahakan agar kamu memiliki cara untuk meredakan perasaan stres. Beberapa cara yang bisa mengurangi stres diantaranya seperti olahraga, meditasi atau bisa juga melakukan hal sederhana seperti menulis jurnal harian.


4. Mengekspresikan Perasaanmu

Bagi sebagian orang mengekspresikan perasaan bukanlah hal yang mudah sehingga seringkali memilih untuk memendamnya, namun hal ini justru tidak baik karena perasaan yang selalu dipendam suatu saat bisa saja meledak dan lebih berbahaya lagi jika kita tidak bisa mengendalikannya.


Belajarlah mengekspresikan perasaanmu misalnya dengan menulis jurnal, bercerita dengan orang terdekat atau kamu bisa mengunjungi dan konsultasi dengan ahli seperti psikolog atau psikiater.


5. Menyalurkan Emosi

Menyalurkan emosi adalah salah satu cara paling efektif untuk mengontrol emosi yang sedang kamu rasakan. Misalnya saat kamu sedang merasa tertekan karena stres kamu bisa menyalurkan emosimu dengan bernyanyi dengan suara keras. Kamu juga bisa menyalurkan emosi dengan  aktivitas fisik seperti olahraga dan melakukan hobi atau kegiatan yang kamu senangi. Aktivitas seperti ini akan membuat perasaanmu lebih tenang dan pikiranmu yang awalnya kacau menjadi lebih jelas.


6. Berempati

Ketika kamu terlibat konflik dengan orang lain yang memicu emosi dan membuatmu marah, cobalah untuk berempati. Cara ini akan melatihmu mengendalikan emosi karena dengan berempati kamu sedang berusaha melihat dari sudut pandang orang lain dan ini akan membantumu memahami alasan dibalik tindakan yang mereka lakukan. Jika bisa saling memahami kita tidak akan mudah terpengaruh emosi dan konflik pun bisa dihindari.


7. Tenangkan Diri dan Tarik Napas

Cara sederhana yang juga membantu mengendalikan emosi adalah dengan mengatur pernapasan. Saat kamu merasakan emosi tenangkan diri dengan menarik napas dalam lalu keluarkan. Cara ini dapat membantu pikiranmu menjadi lebih tenang sehingga kamu bisa mengontrol emosi dan mencegah kemungkinan reaksi negatif yang akan kamu lakukan.


Dengan latihan dan membiasakan diri melakukan beberapa cara sederhana diatas kamu akan lebih mudah mengelola dan mengontrol emosi sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan melakukan tindakan yang kurang baik yang akan merugikan diri sendiri dan orang di sekitarmu.




You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe