Selain Ikigai, ini dia filosofi Hidup Orang Jepang yang Membuat Hidup Jadi Lebih Bermakna

Februari 21, 2023

 


Di dunia yang serba cepat seperti saat ini, kita seakan dituntut untuk mengejar berbagai pencapaian dalam waktu tertentu. Hal ini seringkali membuat kita merasa lelah, cemas hingga stres. Menerapkan filosofi hidup yang di digunakan oleh orang Jepang bisa menjadi salah satu solusi yang dapat membantu kita menjalani dan menikmati hidup dengan lebih tenang.


Salah satu filosofi Jepang yang terkenal adalah Ikigai. Ikigai memiliki arti tujuan hidup yang membuat hidup seseorang lebih bermakna. Selain Ikigai ada beberapa filosofi hidup orang Jepang yang juga perlu kita tiru dan terapkan agar kita dapat berkembang dan memiliki kehidupan yang lebih bermakna.


1. Kaizen

Dalam bahasa Jepang Kaizen memiliki arti "perbaikan berkesinambungan". Filosofi Kaizen fokus pada perbaikan jangka panjang yang dilakukan terus-menerus sehingga menghasilkan perubahan.


Jika kita menginginkan kehidupan yang lebih baik, filosofi Kaizen perlu untuk kita terapkan. Kita bisa melakukan perubahan dengan memulai perbaikan dari hal-hal kecil secara bertahap dan konsisten. Perbaikan sekecil apapun akan mendapatkan hasil yang signifikan jika kita melakukannya dalam jangka panjang.


2. Wabi sabi

Wabi sabi adalah filosofi jepang yang menggambarkan cara menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan. Wabi sabi memberi gagasan tentang menerima kefanaan dan ketidaksempurnaan adalah bagian dari hidup.


Wabi sabi sangat cocok diterapkan jika kamu menginginkan ketenangan dalam hidup karena filosofi ini mengajarkan kita untuk mengapresiasi hal-hal kecil yang memiliki keindahan yang mungkin tidak kita sadari dan menerima apa adanya hidup yang kita jalani saat ini beserta dengan kekurangan dan ketidaksempurnaan yang kita miliki.


3. Kintsugi

Kintsugi merupakan salah satu kesenian dan tradisi unik dari Jepang. Kintsugi adalah teknik merekatkan kembali keramik yang telah pecah menggunakan pernis berwarna emas. Hasil rekatan dari bagian-bagian keramik yang pecah membuat keramik menjadi lebih unik dan menarik.


Sebagai filosofi hidup, Kintsugi berarti menerima kegagalan dan ketidak sempurnaan, menjadikannya bagian yang justru membuat diri kita menjadi lebih baik. Kegagalan yang kita alami tidak serta-merta menggambarkan diri kita secara keseluruhan.


Itu dia filosofi hidup orang jepang yang bisa kita tiru agar hidup kita menjadi lebih baik.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe