6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Remehkan Diusia 20-an

Januari 06, 2024


Usia 20-an adalah masa terpenting dalam hidup kita karena ini adalah masa dimana kita tumbuh menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab atas diri sendiri. Berdasarkan penelitian usia 20-an juga merupakan masa terberat karena usia ini adalah gerbang awal memasuki kehidupan yang sesungguhnya dan kita akan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan sebagai orang dewasa.


Di masa ini kita juga akan dituntut untuk mengambil keputusan dan menentukan pilihan yang tentunya akan berpengaruh pada kehidupan kita di masa depan. Jika tidak ingin salah mengambil langkah, kamu perlu memperhatikan hal-hal penting yang sebaiknya tidak boleh kamu anggap remeh. Dibawah ini daftar beberapa hal yang tidak boleh kamu remehkan saat berusia 20-an agar kamu tidak menyesal ketika usiamu bertambah.


1. Kesehatanmu

Kesehatan adalah hal pertama yang tidak boleh kamu remehkan berapapun usiamu saat ini. Di usia 20-an biasanya kita cenderung meremehkan kesehatan karena kondisi fisik yang masih prima, tapi saat usia kita bertambah kondisi tubuh kita juga akan ikut berubah. Jika kamu meremehkan kesehatanmu saat ini efeknya akan kamu rasakan beberapa tahun kemudian saat kamu bertambah tua.


Jaga kesehatanmu dengan makan makanan bernutrisi, kurangi konsumsi minuman kekinian atau makanan olahan yang memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi. Rutin olahraga dan istirahat dengan tidur yang cukup. Kesehatanmu adalah hal terpenting karena jika kamu sakit kamu tidak bisa melakukan apa-apa.


2. Waktumu

Di usia awal 20-an seringkali kita beranggapan bahwa kita memiliki banyak waktu sehingga tidak menggunakannya secara bijak. Kalau kamu tidak ingin menyesal di kemudian hari sekaranglah saatnya berhenti menggunakan waktumu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial.


Gunakan waktumu untuk melakukan sesuatu yang akan membuatmu di masa depan berterima kasih dengan dirimu saat ini karena telah menggunakan waktu sebaik mungkin.


3. Skill atau Kemampuan yang Kamu Miliki

Saat ini kita dihadapkan dengan dunia pekerjaan yang kompetitif dan menuntut keahlian sebagai salah satu hal terpenting yang harus kita miliki. Jika kita tidak memiliki skill atau keahlian tertentu maka kita harus siap menghadapi pahitnya tersisihkan dari yang lain.


Jika kamu memiliki minat di bidang tertentu, pelajari itu dengan sungguh-sungguh sampai kamu menguasainya. Skill yang kamu miliki akan sangat membantu untuk menemukan pekerjaan atau membangun karir impianmu.


4. Impian dan Tujuan Hidupmu

Setiap orang pasti memiliki impian atau tujuan hidup masing-masing, sesederhana apapun itu. Begitu juga denganmu yang setidaknya memiliki satu impian yang ingin kamu wujudkan. Di usia 20-an inilah saatnya kamu memaksimalkan usaha untuk mewujudkan impianmu. Gunakan waktu, tenaga, materi dan apapun sumber daya yang kamu miliki sebagai jalan untuk mewujudkan impianmu. Temukan tujuan hidup yang bisa membuatmu terarah dan bersemangat menjalani keseharian.


5. Belajar dari Kegagalan

Setiap orang pasti memiliki rasa takut dengan kegagalan namun tidak perlu berlebihan. Kegagalan adalah hal yang wajar terjadi saat kita sedang berusaha mencapai tujuan tertentu. Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan jatah gagal seperti kata Dahlan Iskan "Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda."


Jangan takut untuk mengusahakan apapun yang kamu inginkan, sekalipun gagal dalam prosesnya kamu akan mendapat banyak pelajaran dari setiap kegagalan yang kamu alami. Kegagalan akan  mengajarkanmu kesabaran, kekuatan dan ketangguhan. Saat gagal kamu hanya perlu bangkit dan mencoba lagi.


6. Tanggung Jawab Keuangan

Memahami literasi keuangan sangat penting saat kamu sudah memasuki usia 20-an karena keputusan keuangan yang kamu ambil akan mempengaruhi kondisi keuanganmu saat ini maupun di masa depan. Kamu bisa mulai dengan belajar mengelola pengeluaran, merencanakan anggaran, menyisihkan tabungan hingga memilih instrumen investasi yang tepat. 


Jadi untuk kamu yang saat ini berusia 20-an jadikan masa ini sebagai kesempatan untuk membentuk pribadimu menjadi lebih baik. Proses yang kamu lalui mungkin akan terasa berat tapi semua itu akan memberimu pelajaran penting dan perasaan lelahmu akan terbayar ketika kamu berhasil mencapai tujuanmu.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe