Senjata Pembunuh Rasa Bosan

Juni 30, 2020




Pernah tidak kalian ditanya sama orang dengan pertanyaan kayak gini “Kamu tidak bosan dengan rutinitasmu selama ini?” Saya baru saja dapat pertanyaan kayak gini dari seorang teman yang ternyata sedang merasa bosan dengan rutinitasnya, dan jawaban saya saat ditanya seperti ini “Tidak, saya tidak bosan”. Bukannya tidak pernah merasa bosan, dulu saya juga sering diserang oleh perasaan bosan dan tidak jarang juga saya berada distuasi seperti tidak ada satu hal apapun yang bisa saya lakukan untuk mengatasi rasa bosan itu. Bahkan melakukan hobi yang biasanya menyenangkan menjadi tidak lagi menyenangkan saat saya sudah merasa bosan. Tapi itu dulu, sekarang saya hampir tidak pernah lagi merasakan yang namanya bosan.

Nah, pertanyaannya sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya perasaan bosan? Ada banyak pendapat orang tentang penyebab timbulnya perasaan bosan. Ada yang bilang karena kita kurang bersyukur, tidak memiliki tujuan hidup atau kita tidak pernah benar-benar tau apa yang kita inginkan, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. jika mengingat pengalaman pribadi saya sendiri setelah saya mencari tau dan banyak belajar mengenali diri sendiri menurut saya penyebab timbulnya perasaan bosan yang saya rasakan adalah ketika saya belum bisa berdamai dengan diri sendiri, belum bisa berdamai dengan kondisi yang sedang saya alami dan situasi yang sedang terjadi di kehidupan saya saat itu.

Saat kita sering menyalahkan diri sendiri atau terlalu banyak menuntut pada diri sendiri kadang menimbulkan perasaan tidak tenang kemudian merubah suasana hati menjadi buruk dan akhirnya memicu timbulnya perasaan bosan. Saat itu saya belum sadar bahwa perasaan bosan yang saya alami karena saya belum bisa berdamai dengan diri sendiri. Ketika saya mulai pelan-pelan belajar beramai dengan diri sendiri, mulai bisa menerima kondisi yang sedang terjadi dan juga belajar agar tidak berekspektasi lebih dengan  apa yang sedang saya kejar, saya mulai bisa menikmati hidup yang sedang saya jalani tanpa adanya gangguan yang datang dari perasaan bosan.

Bosan adalah hal  yang  wajar dialami oleh setiap orang, tapi jika terlalu sering merasa bosan sudah bukan lagi hal yang wajar. Mungkin selama ini kita hanya mencari cara bagaimana mengusir perasaan bosan dengan menghibur diri tanpa mau mencari tau apa penyebabnya. Cobalah mengenali diri sendiri kemudian berdamailah dengan diri sendiri, ini bisa menjadi senjata yang ampuh untuk membunuh perasaan bosan.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe