5 Hal yang Jika Sering Kamu Lakukan akan Membuatmu Kurang Bahagia

Agustus 07, 2021


Siapa sih yang tidak ingin menjalani hari-harinya dengan perasaan bahagia? Semua orang pasti menginginkannya. Orang-orang yang bahagia tentu memiliki kualitas hidup yang lebih baik bahkan menurut beberapa penelitian orang yang bahagia memiLiki umur yang lebih panjang dibanding mereka yang kurang bahagia.

Perasaan bahagia bisa dipengaruhi oleh hal-hal yang berada disekitar kita salah satunya kebiasaan kita sendiri. Nah ada beberapa hal  yang sering kita lakukan yang kadang tidak kita sadari dan justru membuat kita kurang bahagia. Kalau selama ini kamu merasa kurang bahagia mungkin kita punya kebiasaan yang sama, dari pengalaman yang pernah saya rasakan jika 5 hal ini sering dilakukan maka besar kemungkinan kadar kebahagiaan kita akan mulai berkurang.

1. Berusaha mengontrol segala sesuatu

Siapa nih yang kalau ngapa-ngapain maunya harus berjalan sesuai rencana? Kamu ingin segala sesuatu harus berjalan sesuai keinginanmu. Jika sudah menjadi kebiasaan hal yang satu ini akan membuatmu kewalahan sendiri, kamu akan sering merasa kecewa, tidak puas bahkan sampai merasa stres.

Pada dasarnya ada hal-hal yang memang berada diluar kontrol kita misalnya perasaan orang lain, cara mereka memperlakukan kita bahkan situasi yang sering kita hadapi tidak sepenuhnya bisa kita kontrol agar berjalan sesuai yang kita inginkan.  Jadi dari pada fokus mengendalikan sesuatu yang pada dasarnya tidak bisa kamu kendalikan lebih baik fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan. 

2Membandingkan diri dengan orang lain

Tidak bisa dipungkiri membandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu penyebab utama kenapa kita merasa kurang bahagia. Adanya media sosial membuat kita mudah melihat kehidupan orang lain dan mulai membandingkannya dengan kehidupan kita sendiri yang terasa banyak kekurangannya. Melihat orang lain dengan pencapaiannya  yang mengagumkan membuat kita merasa bahwa kita satu-satunya orang yang gagal di dunia ini.

Hei, kalau kamu ada disituasi semacam ini, tutup facebook atau instagrammu. Tidak perlu sesilau itu dengan pencapaian orang lain. Jalan hidup setiap orang berbeda dan  satu-satunya yang pantas kamu bandingkan dengan dirimu hanyalah dirimu sendiri dimasa lalu dan hari ini. Tugasmu adalah memastikan bahwa setiap harinya kamu bertumbuh ke arah yang lebih baik dan yang terpenting jangan pernah lupa bersyukur dengan apa yang kamu miliki karena kebahagiaan sejati hanya bisa kita dapatkan dengan cara bersyukur.

3. Khawatir dengan masa depan

Siapa pun yang sering merasa cemas dan khawatir dengan masa depan sudah pasti kadar kebagiaannya berkurang. Saya tau benar hal ini karena saya juga pernah merasakannya. Terlalu khawatir dengan masa depan membuat kita takut melangkah, takut melakukan kesalahan sampai takut bagaiamana jika kita mengalami kegagalan. Padahal semua yang kita takutkan memang kita butuhkan jika kita ingin berhasil. Kita butuh melakukan kesalahan jika ingin tau mana yang benar dan kita butuh gagal berkali-kali untuk tau bagaimana cara agar berhasil.

Terlalu megkhawatirkan masa depan tidak membawamu kemana-mana apalagi merubah masa depanmu, jadi untuk apa bersusah payah mencemaskan hal yang belum terjadi? Sebagai gantinya fokus saja dengan apa yang kamu lakukan hari ini, kerjakan sebaik mungkin agar bisa membawamu selangkah lebih dekat dengan tujuanmu.

4. Tidak peduli dengan diri sendiri

Adakalanya kita terlalu peduli dengan perasaan dan pendapat  orang lain sampai lupa dan tidak peduli dengan perasaan sendiri. Kita mengerjakan sesuatu karena mengikuti keinginan orang lain atau hanya demi menyenangkan mereka padahal kita sendiri tidak suka bahkan menderita dengan apa yang kita kerjakan. Kalau kamu ingin hidupmu lebih bahagia maka kamu harus memulainya dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai  tanpa peduli dengan pendapat orang lain. Hidupmu adalah milikmu maka jalanilah dengan caramu sendiri yang bisa membuatmu bahagia.

“It never ceases to amaze me: we all love ourselves more than other people, but care more about their opinion than our own.” — Marcus Aurelius

5. Memiliki hubungan dengan orang-orang yang toxic

Berada disekitar orang-orang toxic sudah pasti akan membuatmu lelah dan jika kamu terlalu lama memiliki hubungan dengan orang seperti ini pada akhirya hanya akan membuatmu merasa kurang bahagia. Kamu harus hati-hati memilih siapa yang pantas masuk ke kehidupanmu. Bergaullah dengan orang-orang yang bisa menambah energi positif pada dirimu, orang yang bisa membuatmu terinspirasi dan belajar tentang banyak hal.

Namun tidak jarang juga orang-orang toxic ini adalah orang terdekat kita seperti orang tua atau keluarga. Jika hal seperti ini terjadi kamu tidak bisa menghindar namun kamu bisa membuat batasan demi melindungi dirimu sendiri,  kamu juga harus sadar bahwa jangan sampai mereka yang memegang kendali hidupmu.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe