Kunci utama kebahagiaan: Miliki, nikmati, syukuri.

September 30, 2021

 

Bahagia, satu kata yang saggup membuat semua orang tergila-gila. Hampir semua orang berlomba-lomba mengejarnya, bahkan sebagian dari kita sanggup melakukan apapun demi satu kata itu. Tapi apakah selama ini kita sudah benar-benar melakukan seuatu yang membuat kita bahagia seutuhnya?

Kadang kita seringkali mengira bahwa apa yang kita inginkan namun belum kita miliki saat ini adalah sesuatu yang akan memberikan kita kebahagiaan. Kita menganggap bahwa kita akan bahagia jika memiliki pekerjaan yang selama ini kita impikan. Kita merasa bahwa jika kita memiliki pasangan dan menikah maka hidup kita akan sempurna dan sudah pasti bahagia. Kita merasa jika kita bisa liburan dan keliling dunia seperti yang banyak dilakukan orang-orang diuar sana sudah pasti menyenangkan dan membahagiakan. Kita merasa bahwa sesuatu yang terlihat luar biasa akan membawa kita pada kebahagiaan sementara hal-hal biasa yang kita jalani setiap hari terasa membosankan dan bukanlah sumber kebahagiaan sehingga kita merasa bahwa hidup kita menyedihkan.

Bukan hanya itu kita juga sering menganggap bahwa jika kita memiliki lebih maka kita akan lebih bahagia dari saat ini. Lebih cantik, lebih banyak harta, pekerjaan yang lebih mapan, lebih  sering liburan dan lainnya. Disinilah letak masalahnya, kita tidak pernah merasa cukup dan puas dengan apa yang kita miliki padahal jika kita merasa cukup perasaan bahagia akan mengikuti.

Hal penting lainnya yang jarang kita sadari adalah menikmati apa yang kita miliki dan jalani hari ini. Kita terlalu fokus mengejar yang diiginkan sampai lupa bahwa banyak sekali hal-hal sederhana yang biasa kita lakukan setiap hari yang bisa kita nikmati dan membuat kita bahagia, seperti menyeruput secangkir teh hangat di pagi hari sambil ditemani sepiring biskuit alih-alih berharap kita berada ditempat liburan yang eksotis sambil menikmati hidangan mewah. Kita bisa nonton film kesukaan, merawat tanaman atau bercengkerama dengan keluarga. Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang hanya bisa kau temukan pada hal-hal yang terlihat mengagumkan bahkan mewah. Jangan batasi kebahagiaanmu dengan sesuatu yang belum kamu miliki atau capai. Nikmatilah apa yang kamu miliki saat ini maka kamu akan lebih mudah merasa bahagia.

Dan hal terakhir yang juga menjadi kunci utama agar kita bisa mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya adalah bersyukur. Tidak perlu membanding-badingkan diri dengan orang lain dan apa yang kita miliki dengan apa yang mereka miiki. Setiap orang ditakdirkan dengan jalan hidupnya masing-masing, dengan perjuangan berbeda pula. Syukuri apapun yang kamu miliki dan keadaanmu saat ini sambil terus berusaha yang terbaik. Seperti yang orang-orang bilang bukan bahagia yang membatmu bersyukur tapi bersyukur yang membuatmu bahagia.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe