Hal Positif dari Media sosial yang Tidak Saya Sadari Sebelumnya

Juni 12, 2021



Banyak orang yang menganggap sosial media memberi dampak buruk bagi penggunanya terutama dari segi kesehatan mental. Saya sendiri juga pernah  merasakan secara langsung dampak buruk dari sosial media yang membuat saya memutuskan berhenti menggunakannya. Pengalaman saya mungkin juga sering dirasakan sebagian orang yaitu sering merasa cemas setelah menggunggah foto karena penasaran dengan berapa banyak orang yang akan menyukai postingan saya atau saya akan merasa kecewa kalau jumlah like yang saya dapatkan hanya sedikit. Bagi saya perasaan cemas seperti ini sangat menggangu padahal apa yang dicemaskan sama sekali tidak penting.

Itu  pengalaman saya sebelum menyadari bahwa selain media untuk membagikan foto pribadi sosial media juga bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermafaat. Ini dia hal positif dari sosial media yang tidak saya sadari sebelumnya.

Tempat  Belajar

Dulu saya tidak pernah  menyadari bahwa media sosial bisa menjadi tempat belajar dan mengembangkan skill baru padahal banyak sekali akun-akun yang isi kontennya bisa  menambah pengetahuan. Entah ingin belajar bahasa inggris, digital marketing hingga astronomi. Tidak sedikit akun yang menyediakan konten edukasi di sosial media dan selain mudah diakses kita juga tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Bukan hanya itu saat ini banyak juga akun yang membahas seputar kesehatan mental dan pengembangan diri yang bisa menambah kesadaran kita tentang pentingnya kualitas hidup dan kesehatan mental.

Tempat Berkarya

Media sosial adalah tempat untuk  memajang  foto-foto cantikmu yang sedang liburan di tempat wisata paling populer atau sedang nongki di cafe terbaru yang instagramable. Tidak, sosial media lebih dari itu. Banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat mereka berkarya, entah itu fotografi, menulis, desain grafis dan ilustrasi. Banyak penulis yang akhirya menerbitkan buku yang  hanya bermula dari postingan di media sosial atau para ilustrator dengan berbagai karyanya yang  menginspirasi banyak orang. Saya  baru menyadari bahwa seharusnya saya juga  bisa menggunakan media sosial untuk berkarya dan tentunya ini lebih baik dari sekedar mengunggah hal-hal pribadi yang kurang bermanfaat.

Tentunya masih banyak hal positif lain yang  bisa didapatkan dari media sosial seperti bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, mempermudah kita mendapatkan informasi misalnya lowongan pekerjaan dan ada lagi yang manfaatnya tidak bisa diisepelehkan yaitu penggunaan media sosial sebagai sarana mendapatkan bantuan dan dukungan dari banyak orang seperti penggalangan dana yang biasanya dilakukan oleh komunitas peduli sosial.

Seperti kata orang-orang media sosial adalah alat, tergantung bagaimana kita menggunakannya. media sosial akan memberikan dampak buruk jika kita tidak bijak menggunakannya namun darinya kita juga bisa mendapatkan hal-hal baru yang bemaanfaat yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Dari pada uring-uringan dan menyalahkan media sosial sebagai pemicu depresi lebih baik ganti tujuan dan alasan kita menggunakannya, unfollow semua akun yang tidak diperlukan dan sudah saatnya kita sadar bahwa kitalah yang harus mengendalikan apa yang kita gunakan, termasuk media sosial.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe