Ingin Hidupmu Lebih Menyenangkan? Coba Belajar dari Tokoh Fukube Satoshi di Anime Hyouka

Juni 01, 2021






Kalau kamu penggemar anime pasti tidak asing dengan anime berjudul Hyouka yang brgenre mistery. Ini salah satu anime favorit saya karena ceritanya ringan, misteri yang dipecahkan para tokoh dalam anime ini tidak begitu rumit tapi tetap menarik. Tapi saya tidak akan membahas cerita dari anime Hyouka karena ini bukan review. Saya ingin berbagi salah satu hal yang menurut saya bisa dijadikan pelajaran dari salah satu karakter di anime ini yaitu Fukube Satoshi.

Di episode 21 dari anemi Hyouka ada cerita Fukube Satoshi yang menurut saya cukup menarik, dia bercerita pada Oreki Hotaro karakter utama di anime ini kalau dulu dia adalah tipe orang yang terobsesi dengan kemenangan, jadi dia akan berusaha menang dalam hal apapun tapi dia sadar kalau itu membosankan. Fukube Satoshi juga mengakui bahwa meskipun dia menang, kemenangan itu dia raih dengan cara yang membosankan dan menurutnya kemenangan yang menyenangkan harusnya didapat dengan cara yang menyenangkan pula.

Diakhir ceritanya Satoshi mengatakan bahwa suatu hari dia menyadari semua itu lalu dia mengatakan kalimat seperti ini “Sekarang aku terobsesi pada “tidak terobsesi pada apapun." Lalu setelah itu, hidupku sungguh menyenangkan.”

Saya bukan tipe orang yang terlalu terobsesi  tapi saya pernah merasakan hal yang sama seperti yang dikatakan oleh Satoshi bahwa hidup lebih menyenangkan ketika kita tidak lagi terobsesi. Bagi saya perasaan itu sepeti ketika saya tidak lagi berharap bahwa semua yang saya usahakan hasilnya harus sesuai dengan yang saya inginkan dan perasaan seperti ini tentunya lebih menyenangkan dan menenangkan karena saya tidak lagi berusaha mengontrol segalanya.

Lalu, bagaimana dengan orang yang terobsesi?

Orang yang terobsesi biasanya tidak bisa menerima jika apa yang dia inginkan tidak dia dapatkan. orang dengan tipe seperti ini akan mudah marah dan kecewa bahkan mereka bisa menghalalkan segala cara agar bisa memuaskan obsesinya, seperti Fukube Satoshi yang terobsesi dengan kemenangan sehingga ketika dia kalah dia marah dan tidak terima dengan kekalahannya. Itulah mengapa orang seperti ini hidupnya membosankan karena dia hanya fokus pada obsesinya bahkan sampai lupa cara bersenang-senang.

Terobsesi pada sesuatu bisa membuatmu rentan dengan perasaan kecewa dan itu terjadi jika kamu tidak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Kamu boleh saja mengejar atau menginginkan sesuatu tapi jangan sampai terobsesi. Ada hal-hal di hidup ini yang hanya bisa kau perjuangkan namun tidak bisa kau menangkan. Ada hal-hal yang tidak berada dalam kontrolmu. Seperti bermain game kadang menang dan kadang kalah. Begitu juga ketika kau menginginkan sesuatu, jika pada akhirnya tidak bisa kau dapatkan dan menjadi milikmu maka kau harus bisa mengikhlaskan.

Pelajaran yang bisa diambil dari Fukube Satoshi bahwa berhenti terobsesi akan membuat hidup kita menjadi lebih menyenangkan. Kita akan terhindar dari perasaan kecewa berlebihan, kita akan  berbesar hati mengikhlaskan sesuatu yang memang tidak bisa kita miliki dan kita juga lebih sanggup menerima kekalahan. So, lepaskan obsesimu dan sambutlah hidup yang lebih menyenangkan.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe