Kamu Tidak Perlu Membaca Semua Artikel Yang Kamu Temui Di Internet

Mei 20, 2021


Dulu saya punya motto seperti ini “Read anything until you know everything”. Saya sangat senang membaca karena dengan membaca saya jadi tau tentang banyak hal makannya setiap menemukan artikel atau berita yang menarik perhatian di beranda mesin pencari biasanya saya langsung mengklik dan mulai membaca. Namun, baru-baru ini saya menyadari bahwa motto yang saya pegang ternyata tidak spenuhnya benar dan pada akhirnya yang saya rasakan karena terlalu banyak membaca malah membuat otak jadi overload bahkan sampai memicu perasaan stres.

Setiap hari kita disuguhkan dengan berbagai macam berita dan artikel online yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Hal ini tentu saja karena banyaknya media online dan para blogger yang belomba-lomba membuat tulisan yang menarik perhatian pembaca dan kamu yang selalu ingin menambah pengetahuan tentunya tidak ingin melewati artikel yang menurutmu mempunyai informasi  yang bermanfaat. Karena rasa ingin tahumu yang besar akhirnya kamu seringkali menghabiskan waktu dengan membaca dari satu artikel ke artikel lainnya.

Memang membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan diri, begitu banyak tulisan yang membahas tentang pentingnya membaca, kebiasan membaca dari orang-orang sukses, bahkan ada yang menyarankan agar membaca buku dalam jumlah tertentu, misalnya 12 buku dalam setahun. Namun yang perlu kita ketahui terlalu banyak membaca juga bukan hal yang baik.

Saat membaca artinya kamu sedang mengizinkan semua informasi masuk ke otakmu. Jika terlalu banyak informasi yang masuk  secara bersamaan tentu saja bisa membuat otakmu overload, padahal belum tentu semua informasi itu kamu butuhkan. Dari pengalaman yang saya rasakan saat saya sudah terlalu banyak membaca, otak saya seperti tidak bisa lagi menerima dan memahami dengan benar apa yang sedang saya baca. Selain itu saya juga merasa kelelahan bahkan sampai merasa stres.

Mungkin tidak semua orang seperti saya, tapi kalau kamu mengalami hal yang sama seperti yang saya rasakan maka saran saya berhenti membaca setiap artikel yang kamu temui di internet karena tidak semua hal harus kamu tau.

Kalau kamu senang membaca dan membaca menjadi salah satu rutinitasmu setiap hari, cobalah membatasi waktu yang kamu habiskan saat membaca berita atau artikel online. Untuk kamu yang sering membaca buku non fiksi sebaiknya batasi jumlah buku yang kamu baca dan sesuaikan dengan kemampuamu. Pilihlah bacaan yang memberikan informasi yang benar-benar kamu butuhkan karena kadang kita hanya terlalu bersemangat membaca apapun yang ingin kita baca namun seringkali kita tidak menerapkan pelajaran yang didapatkan dari bacaan dikehidupan sehari-hari.

Pada akhirnya jangan terlalu memaksakan dirimu membaca dan mengikuti semua saran yang dikatakan tentang memperbanyak bacaan. Setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menerima informasi dan yang bisa mengetahui kemampuan itu adalah dirimu sendiri. Buat kebiasaanmu sendiri saat membaca, kamu tidak perlu mengikuti kebiasaan orang lain apalagi jika kamu sendiri tidak sanggup. Tetaplah membaca tapi ingat tidak perlu berlebihan.



You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe