Apakah Kesuksesan Hanya Milik Mereka yang Menjadi Pengusaha?

Februari 10, 2021


Saat ini menjadi pengusaha adalah impian banyak orang, bahkan banyak anak muda yang menilai bahwa menjadi pengusaha lebih baik dari pada pekerja kantoran. Salah satu hal yang cukup berpengaruh pada penilaian orang terhadap pengusaha karena kita sering disuguhkan kisah tentang kesuksesan para pengusaha dan perjuangan berat yang mereka lalui higga berhasil. Kisah seperti ini sudah pasti mampu memberi motivasi dan inspirasi bagi orang lain. Lantas apakah memang sukses hanya milik mereka yang menjadi pengusaha, sementara yang bukan pengusaha tidak bisa dikatakan sukses?

Saya pernah membaca tweet yang dibagikan seseorang di Quora, tweet yang dibagikan dalam bentuk foto itu menggunakan bahasa inggris yang artinya kurang lebih seperti ini.

"Berhenti meromantisasi wirausaha, tidak semua orang bisa dan ingin memiliki bisnis. Berhenti membuat orang merasa buruk karena mereka bekerja dari  jam 9-5 atau yang ingin bekerja sendiri . Memiliki bisnis bukan pekerjaan mudah seperti yang kalian lihat."

Saya pribadi sangat setuju dengan tweet ini, karena saat ini banyak orang yang terlalu memberi penilaian lebih terhadap pengusaha bahkan sampai merendahkan pekerjaan kantoran dan pekerjaan lainnya.Tidak semua orang sanggup dan ingin menjadi pengusaha. Jika yang sering kita lihat hanya pengusaha yang berhasil, lalu bagaimana dengan yang gagal? Banyak juga diantara mereka yang gagal karena tidak sanggup mengelola bisnis dengan baik. Menjadi pengusaha bukan pekerjaan mudah dan bagi saya pengusaha itu bagian dari passion yang tidak semua orang memilikinya yang berarti tidak semua orang bisa menjadi pengusaha.

Selain itu banyak orang yang menilai kesuksesan dari segi materi sehingga ketika melihat pengusaha yang sukses, memiliki harta dan aset yang banyak membuat orang-orang berpikir bahwa untuk meraih kesuksesan materi hanya bisa didapat dengan menjadi pengusaha dan memiliki bisnis karena jika hanya menjadi pekerja kantoran hidup serba pas-pasan.

Tentu tidak masalah jika kamu ingin jadi pengusaha atau bahkan kamu yang sudah menjadi pengusaha saat ini, itu adalah yang sangat bagus namun jangan pernah membuat orang lain merasa buruk apalagi sampai merendahkan mereka yang tidak memilih jalan yang sama denganmu seperti mereka yang bekerja kantoran atau yang bekerja sendiri.

Setiapa orang memiliki standar suksesnya masing-masing. Kalau menurutmu sukses itu adalah dengan menjadi pengusaha, silahkan. Tapi jangan pernah menilai keberhasilan orang lain berdasarkan satandarmu. Beberapa orang  ingin memebangun istana di puncak gunung namun ada juga yang hanya ingin hidup sederhana di lembah karena mereka tau udara dipuncak terlalu dingin untuk mereka. Tidak semua orang punya mimpi menjadi kaya dengan harta berlimpah, beberapa orang hanya menginginkan hidup sederhana sampai hari tua.


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe