Ketika Kau Mengira Kau Hebat Padahal Sebenarnya Tidak

Februari 24, 2021


Pernah gak sih kamu  merasa  bahwa kamu pintar, tau banyak hal dibanding orang lain bahkan  sampai merasa hebat? Dulu saya sering merasa hebat saat sanggup melakukan hal-hal yang orang lain tidak bisa. Kadang saya juga merasa hebat karena saya pikir saya tau tetang banyak hal dibanding orang lain tapi setelah banyak belajar saya baru sadar bahwa sebenarnya saya hanya orang bodoh yang sok pintar, orang yang tidak kompeten tapi merasa keren.

Karena belakangan saya sering nonton video dari TED di YouTube, secara tidak sengaja saya mendapat satu video dari TED-Ed  yang menjelaskan fenomena ini yang disebut dengan The Dunning Kruger Effect.  Jadi Dunning Kruger Effect ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Dunning dan Krugger pada tahun 1999. Dalam video TED-Ed dengan judul “Why incompotent people think they’re amazing” ini dijelaskan bahwa menurut penelitian psikologis kita memiliki keterbatasan dalam menilai diri sendiri secara akurat, bahkan kita sering melebih-lebihkan kemampuan diri sendiri dan menganggap kita lebih baik dari orang lain.

Hal lain yang juga dijelaskan dalam video ini adalah orang yang memiliki kemampuan yang rendah cenderung menilai tingkat keterampilannya secara berlebihan. Namun bukan berarti orang yang megalami Dunning Kruger Effect tidak bisa mengetahui  kekurangan diri. Orang biasanya mengakui kekurangan sendiri ketika mereka mengetahuinya. Mungkin itulah sebabnya orang dengan pengalaman atau keahlian rata-rata sering kurang percaya diri dengan kemampuannya karena mereka sadar masih banyak hal yang belum mereka ketahui. Sementara itu orang yang ahli cenderung menyadari keluasan pengetahuan mereka  namun seringkali mereka berbuat kesalahan lain yaitu menganggap bahwa orang lain memiliki pengetahuan yang juga sama dengan mereka.

Hal diatas menunjukkan bahwa kita sering salah dalam menilai kemampuan diri sendiri. Bagi yang mereka yang kurang terampil mereka tidak mampu mengintopeksi diri sementara mereka yang kompeten mereka tidak tau betapa luar biasa kemampuan yang mereka miliki.

Dunning Kruger Effect bisa dialami oleh siapa pun dan kebanyakan orang yang mengalami fenomena ini tidak menyadari kondisi mereka. itulah yang terjadi dengan saya sebelumnya, saya merasa tau tentang segala hal dan tau lebih banyak dari orang lain padahal sebenarnya saya hanya memiliki sedikit pengetahuan dibandingkan orang lain diluar sana. Menurut saya pribadi jika kita mengalami fenomena ini dan tidak cepat menyadarinya kita tidak akan berkembang bahkan hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah kita akan meremehkan kemampuan orang lain.

Nah, kalau kamu sedang merasakan hal serupa mungkin hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat lagi kedalam diri  sendiri apakah benar kamu lebih hebat dari kebanyakan orang diluar sana atau itu hanya ilusimu semata?

Kita masih perlu belajar hal-hal baru, mencoba skill baru, membaca lebih banyak lagi. Intinya mengupgrade kemampuan diri menjadi lebih baik tanpa perlu merasa hebat karena diluar sana banyak orang yang jauh lebih hebat dari kita.

Oh iya kalau kamu ingin nonton video dari TED-Ed diatas kamu bisa klik link dibawah ini:

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe