Review Drama Start-Up

Desember 10, 2020



Ini pertama kalinya saya menulis review dan sesuai judul diatas yang akan saya review adalah drama korea Start-Up, meskipun drama ini sudah selesai beberapa hari yang lalu saya masih merasa tertantang untuk menulis review karena dari awal saat teaser drama ini tayang saya sudah menyukainya ditambah lagi saat dramanya sudah tayang kita semua tau kalau drama ini jadi perbincangan netizen sampai hampir disemua media sosial selalu ada pembahasan tentang drama Start-Up dan salah satu yang paling heboh adalah lebih banyak pendukung second lead Han Ji Pyeong dibanding first lead Nam Do San. Saya sendiri bukan pendukung karakter manapun karena kita semua tau pada akhirnya first lead yang akan jadi pemenangnya.

Saya sangat tertarik dengan cerita yang diangkat di drama ini, menurut saya cerita tentang anak muda yang berusaha mengejar mimpinya sangat relate dengan kehidupan sehari-hari dimana banyak anak muda yang sedang mengalami hal yang sama ditambah lagi banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari drama Start-Up.

1. Karakter

Karakter pertama ada So Dal Mi yang pekerja keras meskipun hanya lulusan SMA tapi dia berani mengejar mimpinya. Dal Mi juga sosok yang mau belajar dan bisa menerima kritikan. Kemudian ada Nam Do San yang pintar tapi polos dan minderan, namun keinginannya untuk sukses juga besar. Nam Do San punya hati yang baik dan tulus bahkan dia dijuluki Buddha hidup. 

Karekter lainnya ada Han Ji Pyoeng dengan panggilan Anak Baik. Han Ji Pyeong ini tipe orang yang jujur dan mengatakan sesuatu apa adanya meskipun menyakitkan, tapi sebenarnya niatnya baik, dia memberikan kritik demi kebaikan orang lain tidak melakukan kesalahan. Lalu ada In Jae dengan karakternya yang dingin dan tenang, dia juga tipe yang mandiri dan bahkan berani menantang ayah tirinya sendiri serta membuktikan bahwa dia bisa sukses dengan usahanya sendiri. Karakter terakhir adalah neneknya Dal Mi yang kebaikannya sudah tidak diragukan lagi, menolong Han Ji Pyeong muda, penyayang yang selalu berusaha membuat Dal Mi tetap bahagia bahkan menerima kembali menantunya yang sudah meninggalkan anaknya.

2. Cerita

Cerita dalam drama ini bukan hanya sekedar menceritakan tentang hubungan romansa tapi juga menceritakan tentang seluk beluk dunia bisnis dengan berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh perusahaan rintisan seperti Samsan Tech. Salah satu masalah yang paling menonjol dalam cerita adalah saat pembagian saham yang membuat trio San berkelahi. 

Hal menarik lainnya dari drama Start-Up adalah kita bahkan bisa dapat pelajaran dari setiap judul episodenya yang  selalu ada penjelasan singkat, contohnya istilah Key Man, Burn Rate, dan istilah lainnya yang bagi saya sendiri itu adalah istilah yang asing namun setelah menonton drama ini saya jadi tau.

Dari kisah percintaannya sendiri kita sudah tau yang akan memenangkan hati So Dal Mi adalah Nam Do San. Kenapa Nam Do San bisa mengalahkan kekuatan surat dan kebaikan dari Han Ji Pyeong, menurut saya karena Do San selalu bersama Dal Mi, mereka berjuang bersama demi Samsan Tech dan apa yang mereka perjuangkan adalah NoonGil yang dibuat Do San demi neneknya Dal Mi. Dan diakhir  cerita neneknya Dal Mi sangat berterima kasih bahkan merasa berutang budi dengan Nam Do San.

3. Pelajaran Hidup

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari drama ini  seperti dari karakter So Dal Mi yang memiliki tekad yang kuat untuk membuktikaan bahwa dia bisa mewujudkan impiannya dan menjadi sukses. Selain itu dari sini kita juga bisa belajar bahwa untuk menjadi orang sukses kita harus kuat dan tahan dengan berbagai keadaan, berani keluar dari zona nyaman, sanggup menerima kritikan agar bisa lebih berkembang dan mau memperbaiki kesalahan.

Pelajaran lainnya yang bisa kita  ambil adalah jangan meremehkan orang lain haya karena pendidikannya tidak tinggi sebab kita tidak tau potensi apa yang dimiliki orang lain dan sebagai manusia biasa tentunya setiap orang memeiliki kekurangan dan kelebihan seperti Nam Do San yang pintar tapi tidak memiliki potensi untuk menjadi CEO sementara Dal Mi hanya luluasan sekolah menengah atas justru memilki potensi itu. Pelajaran terakhir yang mungkin kebanyakan penonton tidak sadar adalah dari karakter Kim Yeong San, dia berani minta maaf dan mengakui kesalahannya dimasa lalu.

Masih banyak pelajaran yang bisa kita ambil namun saya hanya menuliskan sebatas ini karena kalau kamu sudah nonton pasti tau dan yang belum nonton silahkan cari waktu karena drama satu ini sangat saya direkomendasikan untuk ditonton.



You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe