Berada Ditengah Keramaian dan Dampaknya Bagi Diri Sendiri

November 11, 2020


Keramaian cenderung disenangi oleh banyak orang. Sesimpel berkumpul dengan teman-teman, bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru atau seperti fenomena yang sedang terjadi saat ini, keramaian di dunia maya dimana semua orang dari berbagai belahan dunia bisa dipertemukan di satu tempat yaitu media sosial.

Ketika kita berada di tengah keramaian atau selalu dikelilingi orang lain kita akan cenderung mengikuti apa yang mereka lakukan entah tujuannya agar terlihat sama seperti mereka atau untuk mendapatkan pengakuan. Coba perhatikan di media sosial, orang-orang seringkali saling mencontoh perilaku satu sama lain. Apa yang sedang ramai orang lakukan yang lainnya juga berusaha mengikuti apa yang mereka lihat. Kita menjadi terbiasa mencontoh apa yang orang lain lakukan sehingga tanpa sadar kita kehilangan diri kita sendiri. Ini dia dampak yang akan terjadi pada dirimu jika kamu terlalu lama berada ditengah keramaian.

Tidak Mengenali Diri Sendiri

Jika kamu berada ditengah keramaian dan selalu berusaha agar terlihat sama dengan orang disekitarmu serta mengikuti apa yang mereka lakukan, kemungkinan besar kamu tidak bisa mengenali dirimu sendiri. Kamu tidak benar-benar tau apa yang ingin kamu lakukan sehingga kamu hanya menjadi seorang pengikut. Orang yang mengenali dirinya sendiri tidak akan mudah mengikuti orang lain, mereka tau apa yang mereka lakukan, mereka memiliki tujuan dan tidak takut untuk menciptakan jalannnya sendiri. Mereka adalah orang-orang dengan kepribadian yang otentik.

Kehilangan Jati Diri

Hal yang juga berbahaya jika kamu terlalu sering berada ditengah keramaian yaitu kamu kehilangan jati dirimu yang sesungguhnya. Membaur dengan orang lain serta berusaha menjadi bagian dari mereka bisa saja membuatmu menjadi pribadi yang berbeda. Kamu sering melakukan sesuatu yang tidak sejalan dengan kata hatimu karena terpengaruh dari orang-orang yang berada disekitarmu. Kamu tak lagi mengerjakan hal-hal yang kamu sukai sebaliknya kamu mengerjakan sesuatu hanya agar disukai oleh orang lain. Jika kamu menjadi pribadi yang berbeda ketika bersama orang lain mungkin kamu sudah kehilangan sebagian jati dirimu sendiri.

Menjalin hubungan dengan banyak orang kemudian sering menghabiskan waktu bersama mereka adalah hal yang kita butuhkan sebagai makhluk sosial namun ada kalanya kita harus menepi sejenak dari keramaian, hingar bingar pertemanan dan hubungan sosial lainnya. Beri waktu untuk  dirimu sendiri, mengenalinya lebih jauh, memahaminya secara mendalam, agar jati dirimu yang selama ini hilang bisa kembali terlihat dengan jelas.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe