Berteman dengan Kesepian

Oktober 21, 2020

 


Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata kesepian? Kebanyakan orang pasti akan merasa ketakutan jika mendengarnya. Kesepian menjadi semacam momok, hal yang negatif dan sebisa mungkin harus dihindari. Namun yang jarang kita sadari adalah kadang kita butuh berteman dengan kesepian bahkan ada saatnya satu-satunya teman terbaik adalah kesepian itu sendiri.

“We are all born alone and die alone. The loneliness is definitely part of the journey of life” – Jenova Chen

Semakin dewasa akan banyak hal yang mulai berubah. Banyak hal yang tak lagi sama dan satu hal yang perubahannya sangat terasa adalah hubungan kita dengan orang-orang terdekat. Seringkali pilihan yang kita ambil akan ditentang oleh keluarga. Jalan hidup yang kita pilih tidak sama dengan jalan hidup yang diplih oleh teman-teman terdekat sehingga mau tidak mau kita harus menapaki jalan sendirian dan momen seperti inilah yang membuat kita akan merasa kesepian.

Kesendirian adalah kenyataan yang harus kamu hadapi seiring bertumbuh sebab ada saatnya teman yang dulunya begitu cocok dengan kita kini tak lagi cocok. Jika dulu mereka selalu ada dan menemanimu kini tak lagi sama. Perlahan perbedaan mulai terasa lalu menciptakan jarak diantara kalian. Kau memilih jalanmu sendiri begitupun dengan teman-teman terdekatmu, mereka memilih jalannya sendiri.

Perubahan adalah hal yang tidak bisa kita hindari, kita hanya perlu menyikapinya dengan bijak. Cara terbaik untuk menyikapinya adalah dengan berdamai dengan kesendirian, menerima perasaan kesepian yang kamu rasakan lalu berteman baik dengannya sebab tidak ada yang salah dengan kesendirian karena meskipun kamu sendiri setidaknya kamu berada dijalan yang benar. Jalan yang  akan membawa langkahmu mendekati tujuanmu.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe