Kamu Tidak Butuh Dukungan dari Orang Lain

Mei 12, 2020


Kamu tidak butuh dukungan dari orang lain. Serius. Saya baru menyadari ini beberapa saat lalu setelah saya merasa bahwa saya sedang berjuang sendirian karena tidak ada orang yang mengerti dengan keputusan yang saya ambil. Saya juga tidak sepenuhnya memberi pengertian ke orang lain karena saya pikir percuma menjelaskan ke orang yang tidak memiliki pemikiran yang sama.

Dulu saat saya memutuskan ingin berhenti dari pekerjaan sebelumnya, orang-orang terdekat menantang keputusan yang akan saya ambil dengan berbagai macam alasan dan pertimbangan. Sebelum benar-benar berhenti bekerja setiap hari saya merasa sedih karena tidak ada yang mengerti dan mendukung keputusan yang saya ambil padalhal saya berharap mendapat dukungan dari orang terdekat. Meskipun sedih tapi saya tetap dengan keputusan saya sendiri dan akhirnya saya berhenti bekerja.

Bukan hanya itu saja, ketika pendaftaran CPNS mulai dibuka orang terdekat khususnya keluarga selalu mendesak agar saya ikut mendaftar tapi karena saya tidak ingin menjadi PNS saya selalu menolak untuk ikut dan lagi-lagi mereka tidak mengerti. Disinilah saya mengerti bahwa apapun yang ingin kau lakukan, lakukan sendirian tidak perlu mengharapkan dukungan karena orang lain belum tentu memahami jalan pikiranmu apalagi keputusanmu.

Hal ini sering terjadi dimana justru orang-orang terdekat yang menjadi penantang yang berada digaris terdepan. Disaat kita sedang merasa tertekan dan butuh support system yang  terjadi malah sebaliknya. Ketika orang terdekat menentang keputusan kita mereka merasa bahwa apa yang mereka sarankan adalah hal terbaik untuk kita padahal mereka belum tentu mengetahui perasaan dan kondisi kita yang sebenarnya seperti apa. Saya tidak mengatakan untuk mengabaikan pendapat orang lain tapi orang yang paling tau tentang dirimu adalah dirimu sendiri.
Memang kita akan merasa sedih dan kecewa saat kita berharap mendapat dukungan tapi malah ditentang, namun kita juga tau kalau dukungan dari orang lain bukan hal yang bisa kita kontrol.

Jika kamu benar-banar tau apa yang kamu inginkan dan sadar akan keputusan yang kamu ambil beserta resiko dan tanggung jawab yang harus kamu hadapi kamu tidak akan lagi berharap mendapat dukungan dari orang lain karena kamu tau ini tentang hidupmu dan yang menjalaninya adalah kamu. Kalau kamu masih sering berharap mendapat dukungan dari orang lain saat membuat keputusan mulai saat ini berhentilah agar kamu tidak lagi merasa kecewa saat harapanmu tidak terjadi. Kalaupun ada orang yang lain  yang mendukungmu anggap saja itu bonus sebagai penambah semangat.

Hidupmu adalah milikmu. Keputusan sepenuhnya ada ditanganmu.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe