Jangan Ceritakan Apapun Tentang Tujuanmu

Mei 29, 2020


Tulisan ini terinspirasi dari salah satu conten creator yang belakangan videonya sering saya tonton di youtube. Pertama kali nonton video dengan judul Talk less, Do More milik Jake Frew ini saya langsung merasa bahwa itu salah satu sifat saya selama ini. Talk the talk. Ketika saya punya ketertarikan dengan sesuatu saya selalu menceritakannya ke orang lain, biasanya ke teman dekat. Saya pernah bilang ke teman bahwa saya ingin membuat usaha dan pernah juga saya ingin membuat cinematic video karena itu salah satu tontonan favorit saya di youtube. Tapi alih-alih ketertarikan itu  itu terwujud jadi hal yang nyata saya bahkan sudah kehilangan minat sebelum memulai. Kemudian saya mendapat video diatas dan setelah menonton saya sadar ternyata yang membuat saya selama ini tidak pernah melakukan apa yang saya inginkan karena saya menceritakannya kepada orang lain.

Selain video milik Jake Frew saya juga menemukan video lainnya yang membahas hal serupa, video dari akun TED dengan judul Keep Your Goals to yourself dan pembicaranya adalah Derek Sivers. Dalam video tersebut Derek Sivers juga menjelaskan penelitian terkait tentang hal ini dimana menurut sisi psikologi ketika kita menceritakan keinginan atau tujuan kita pada orang lain justru akan membuatnya cenderung tidak terjadi karena pikiran kita diperdaya oleh perasaan bahwa hal itu sudah terlaksana dan karena kita telah merasakan kepuasan kita jadi kurang termotivasi untuk melakukan pekerjaan nyatanya.

Setelah menonton kedua video diatas saya tidak pernah lagi mengatakan apapun tentang keinginan, tujuan bahkan hal yang sedang saya lakukan kepada orang lain agar saya tidak kehilangan motivasi untuk melakukannya.

Lakukan dulu hal yang mendekatkan kita dengan tujuan setelah itu baru kita bebas bercerita tentang apapun.



You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe