6 Kebiasaan kecil yang bisa mengubah hidupmu

Oktober 28, 2022

 


Kebisaan adalah salah satu hal yang berperan penting pada kesuksesan seseorang. Konon orang-orang sukses memiliki kebiasaan tertentu yang mereka adopsi dalam menjalani keseharian. 


Agar kehidupan kita lebih baik tentunya kita juga perlu menerapkan kebiasaan baik. Kamu bisa mulai dengan membangun kebiasaan kecil dan melakukannya secara rutin.


Ini dia kebiasaan kecil yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari, meskipun kecil tapi jika rutin dilakukan akan memberikan dampak besar dan bisa mengubah hidupmu.


1. Minum air putih


Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap berfungsi dengan baik. Biasakan minum segelas air putih saat bangun tidur meskipun kamu tipe orang yang suka minuman hangat saat pagi hari. Cukupi kebutuhan tubuh dengan minum 8 gelas air putih sehari agar tubuhmu tetap terhidrasi. 


2. Makan makanan bernutrisi

Jangan sepelekan apa yang kamu makan karena makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Makan makanan bernutrisi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan energi untuk aktif dan produktif sepanjang hari.


Manfaat makanan bernutrisi pada kesehatan mental seperti memperbaiki suasana hati sehingga tidak mudah cemas dan juga mengurangi resiko depresi.


Usahakan agar mengkonsumsi makanan bernutrisi setiap hari seperti makan buah, sayuran, kacang-kacangan dan makan bernutrisi lainnya. Kurangi konsumsi makanan manis karena kurang baik untuk kesehatan.


3. Bangun lebih awal

Bangun lebih awal adalah salah satu kebiasaan orang sukses yang selalu disebutkan entah itu di artikel atau video motivasi. Bangun lebih awal memiliki banyak manfaat terutama untuk produktivitas.


Saat kamu bangun lebih awal kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas sehingga kamu juga bisa melakukan lebih banyak kegiatan. Misalnya saat bangun 2 jam lebih awal kamu punya waktu untuk olahraga atau membuat sarapan dan bekal untuk makan siang sebelum berangkat kerja.


Diatas hanya contoh kecil dari manfaat bangun lebih awal karena tentunya banyak manfaat lain yang akan memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan.


4. Olahraga

Kamu sering merasa tidak bersemangat saat bagun di pagi hari atau stres karena pekerjaan seharian? Olahraga bisa menjadi solusinya. Aktifitas fisik seperti olahraga bisa meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. 


Cukup olahraga selama 15-20 menit setiap hari, jika rutin dilakukan dan menjadi kebiasaan akan memberikan dampak besar bagi kesehatan fisik dan mental. 


5. Membaca

Membaca juga menjadi salah satu kebiasaan orang-orang sukses. Membaca dapat meningkatkan banyak hal di hidupmu seperti memperluas pengetahuan, membuat pikiran menjadi lebih terbuka pada hal-hal baru, bahkan membaca bisa membantumu dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.


Luangkan waktu untuk membaca meskipun hanya 5 menit setiap hari. Kamu bisa membaca buku atau artikel dengan topik yang kamu sukai agar kegiatan membaca tidak terasa membosankan.


6. Bersyukur

Bersyukur adalah kunci utama untuk merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Seringkali kita terlalu fokus pada masalah yang kita hadapi sehingga kadang kita lupa mensyukuri apa yang kita miliki saat ini.


Luangkan waktumu untuk mensyukuri hal-hal kecil yang membuatmu merasa senang dan mengapresiasi apapun yang sudah kamu lakukan sejauh ini serta mensyukuri apapun yang kamu miliki tanpa membandingkannya dengan orang lain.


Dari beberapa kebiasaan kecil di atas mana yang sudah kamu lakukan hari ini? Yuk, mulai mengadopsi kebiasaan baik meskipun kecil tapi jika rutin dilakukan akan membuat hidup kita menjadi lebih baik.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe