Cara Terbaik untuk Melupakan adalah dengan Tidak Berusaha Melupakan

April 07, 2021

 


Kamu pasti pernah berada di momen dimana kamu ingin melupakan sesuatu,  entah itu kesalahanmu,  pengalaman buruk atau seseorang yang pernah ada di hidupmu. Tapi saat berusaha melupakan yang terjadi justru sebaliknya, yang ada malah terus-terusan teringat sampai membuatmu tersiksa sendiri. Memang itulah yang terjadi jika kita berusaha melupakan sesuatu, yang terjadi malah sebaliknya, dan hal ini disebut dengan Ironic Process Theory.

Dikutip dari wikipedia,  ironic process theory  atau the white bear problem mengacu pada proses psikologis di mana upaya yang disengaja untuk menekan pikiran tertentu membuatnya lebih mungkin untuk muncul ke permukaan. Contohnya adalah bagaimana ketika seseorang secara aktif mencoba untuk tidak memikirkan beruang putih, mereka sebenarnya lebih cenderung membayangkannya.

Nah, ini yang sering terjadi dengan kita, misalnya hal yang sering dialami kebanyakan orang adalah ketika putus cinta, biasanya stelah putus cinta kita akan berusaha move on, kita berusaha melakukan apapun agar bisa melupakan si dia yang pernah ada dihidup kita sebelumnya. Tapi berusaha melupakan seseorang justru membuat dia lebih sering teringat dan akhirnya justru membuat perasaan sakit hati bertambah.

Berusaha melupakan bukanlah cara terbaik untuk melupakan, apapun itu masalahmu entah berusaha melupakan kesalahanmu, atau kejadian buruk yang pernah kamu alami. Saya juga sering mengalami ini karena kadang saya tidak bisa melupakan kesalahan yang perbuat. Cara terbaik untuk melupakan masalahmu adalah dengan tdak berusaha melupakan.

Kamu harus menerima apa yang sudah terjadi, jika itu kesalahanmu sendiri kamu bisa introsperksi diri agar kedepannya tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Kalau kamu ingin melupakan seseorang yang pernah ada dihidupmu tentu itu butuh waktu, kamu bisa menyibukkan dirimu dengan hal lain yang lebih bermanfaat agar pikiran dan perhatianmu teralihkan.

Jadi, mulai saat ini jangan lagi berusaha melupakan jika kamu ingin melupakan, karena itu bukan cara terbaik untuk melupakan.

Salam hangat, semoga yang ingin kamu lupakan segera terlupakan. Hehe

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe