3 Investasi untuk Diri Sendiri yang Harus Kamu Lakukan dari Sekarang

Desember 08, 2021


Selama ini mungkin kita hanya menghubungkan investasi dengan sesuatu yang berbau materi dan tidak jarang juga orang merasa bahwa investasi pada materi adalah investasi terpenting, padahal ada bentuk investasi lain yang juga kalah pentingnya yaitu investasi pada diri sendiri.

Kenapa investasi pada diri sendiri sangat penting? karena memiliki dampak yang besar pada kualitas hidup kita saat ini ataupun dimasa mendatang. Investasi pada diri sendiri akan membantu kita dalam mengambil setiap keputusan dan megetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Warren Buffet yang dikenal sebagai investor paling sukses pernah berkata bahwa investasi terbaik adalah investasi pada diri sendiri.

Investasi pada diri sendiri harus dilakukan sedini mungkin agar kamu segera merasakan manfaatnya dan mencegah penyesalan dikemudian hari, jadi mulailah berinvestasi pada diri sendiri. Lalu apa saja bentuk investasi yang pada diri sendiri?

1.       Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah investasi terpenting untuk diri sendiri yang harus kamu lakukan mulai dari sekarang, kenapa? Karena saat kamu jatuh sakit aktivitas dan pekerjaanmu akan terganggu. Kalau saat ini kamu masih suka bekerja sampai begadang, malas olah raga dan sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji maka sebaiknya kamu harus berhenti dngan kebiasaanmu itu karena kamu akan merasakan dampaknya dikemudian hari.

Sakit tidak mengenal usia, jika pola hidup kita tidak sehat maka kita bisa terserang penyakit kapanpun dan untuk mencegah itu terjadi mulailah menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan usahakan agar memasaknya sendiri. Luangkan waktu setiap minggu untuk berolah raga dan istirahat dengan tidur yang cukup setiap harinya.

 

2.       Mengembangkan Skill

Sudah tidak diragukan lagi jika menguasai skill tertentu adalah salah satu investasi pada diri sendiri yang bisa membuka lebih banyak peluang untuk mengembangkan karir. Entah itu skill dibidang kreatif seperti desain dan menuis, atau skill lainnya seperti public speaking. Mulailah mengeksplor kemampuanmu, luangkan waktu dan  jangan tunda untuk mengembangkan skill yang kamu miliki karena itu bisa menjadi salah satu aset yang bisa membawamu pada pencapaian seperti yang kamu inginkan.

 

3.       Menambah Pengetahuan

Hal yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dan dengan kemudahan akses seperti saat ini kita bisa dengan mudah menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, misalnya dengan membaca blog, nonton video edukasi dengan berbagai macam topik mulai dari pengembangan diri sampai dengan finansial, atau bisa juga dengan mengikuti seminar online.

Ada banyak pengetahuan diuar sana yang belum kita ketahui karena memang tidak pernah dipelajari selama sekolah ataupun kuliah, misalnya pengetahuan tetang finansial, pengembangan diri hingga kesehatan mental. Bagi saya sendiri pegetahuan tentang finansial sangatlah penting dan saya baru mengetahuinya berapa tahun belakangan setelah banyak mencari tau hal-hal baru lewat internet.

Banyak juga hal lain yang bisa kita lakukan sebagai bentuk investasi pada diri sendiri, selama itu adalah hal baik yang akan membawa perubahan  pada diri kita maka patut untuk kita coba.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Subscribe