7 Hobi yang Bisa Mengurangi Perasaan Stres

Februari 24, 2022

Kesibukan sehari-hari dengan berbagai aktivitas atau pekerjaan  kadang membuat kita merasa tertekan dan kelelahan sehingga hal ini bisa memicu perasaan stres.

Kita bisa mengurangi perasaan stres dengan melakukan kegiatan yang disenangi. Dikutip dari verywellmind salah satu penelitian menemukan bahwa melakukan hobi atau kegiatan yang disenangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mental.

Apa saja hobi yang bisa mengurangi perasaan stres?

1. Menulis jurnal

Cara terbaik menyalurkan emosi salah satunya dengan cara menulis jurnal. Kita bisa menuliskan apapun entah pikiran atau perasaan yang membuat kita merasa tertekan.

Menulis dapat membantu menenangkan perasaan sehingga sangat cocok dilakukan untuk mengurangi perasaan cemas dan stres.

2. Fotografi

Menjadikan fotografi sebagai hobi adalah hal yang patut dicoba karena hampir semua handphone yang kita gunakan saat ini memiliki kamera. Hanya bermodalkan kamera handphone dan tips tentang fotografi yang bisa dengan mudah kamu dapatkan entah melalui internet atau media sosial kamu sudah bisa memulai hobi baru.

Hobi fotografi bisa membawa kita menjelajah ketempat baru dan lebih mengasah kreativitas dan kemampuan untuk menghasilkan foto yang bagus.

3. Berkebun

Berkebun bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres. Kegiatan merawat tanaman memungkinkan kita terus bergerak dan ini hampir sama dengan kegiatan olahraga.

Kegiatan berkebun yang biasanya dilakukan diluar ruangan dan dibawah sinar matahari akan memberikan dampak baik bagi kesehatan fisik dan mental. Bukan hanya itu berkebun akan memberikan perasaan bahagia saat kita berhasil memanen apa yang sudah kita tanam dan rawat selama ini.

4. Memasak

Meskipun memasak termasuk kegiatan sehari-hari tapi tetap bisa dijadikan hobi yang bisa mengurangi perasaan stres, selama itu dilakukan dengan santai tanpa perasaan tertekan. 

Kegiatan memasak tidak hanya sebatas memasak makanan sehari-hari tapi bisa juga seperti membuat kue, mencoba resep minuman baru yang bisa dinikmati sambil menemani waktu senggang dan akan lebih baik lagi jika kita mencoba resep makanan sehat karena akan memberikan manfaat untuk kesehatan baik fisik maupun mental.

5. Menggambar atau Mewarnai

Tidak diragukan lagi kalau menggambar atau mewarnai adalah hobi yang menyenangkan. Aktivitas mewarnai bisa mengalihkan perhatian, menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan mood.

Dilansir dari healthline bahwa menggambar, melukis, dan mewarnai adalah terapi seni. Terapi seni bisa membantu kita mengekspresikan rasa sakit dan perasaan sulit yang tidak mudah diungkapkan dengan kata-kata. Jadi terapi seni ini adalah cara menuangkan emosi dalam bentuk karya seni.

6. Olahraga

Olahraga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seperti peribahasa “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Saat berolahraga tubuh kita akan melepaskan hormon dopamin. Dopamin adalah hormon pengendali emosi yang bisa meningkatkan suasana hati sehingga bisa mengurangi perasaan stres dan masalah mental lainnya seperti perasaan cemas dan depresi.

7. Berkemah

Berkemah sangat erat hubungannya dengan alam.  Berada dialam bebas dapat meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati yang tentunya akan berpengaruh dengan kesehatan mental.

Tinggalkan sejenak rutinitas harian, keluarlah dan nikmati alam beserta keindahan yang ditawarkannya maka ini akan menjadi obat terbaik untuk meredakan perasaan stres yang sedang kita rasakan.

Itu dia tujuh hobi yang bisa mengurangi stres. Kamu mungkin sudah memiliki salah satu diantara hobi diatas, tapi tidak ada salahnya mencoba hobi yang lain karena sama halnya kamu sedang mencoba hal baru.

You Might Also Like

2 Comments

  1. aku suka menggambar dan mewarnai, bikin happy, bikin rileks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sukanya fotografi tapi sekarang lagi gak diseriusi😁
      Btw makasih kak udah mampir dipostingan aku 😊😊

      Hapus

Popular Posts

Subscribe